KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN TARAKAN.PROFESIONAL ,SINERGI DAN MILITAN UNTUK INDONESIA MAJU.


Kansar Tarakan Lakukan Pembekalan dan Pra SAREX Malindo 2021


TARAKAN – Untuk meningkatkan kerja sama dalam hal penyelenggaraan operasi pencarian dan pertolongan (SAR) pada kecelakaan penerbangan internasional, Badan SAR Nasional (Basarnas) melalui Kantor SAR Tarakan menggelar Latihan SAR Exercise (SAREX) Malaysia-Indonesia (Malindo) Tahun 2021. Latihan antar kedua negara ini diselenggarakan di Kantor SAR Tarakan dan berlangsung pada Rabu (8/12) besok.

Hari ini, Selasa (7/12) dilaksanakan Pembekalan dan Pra SAREX Malindo 2021 yang dihadiri dan dibuka langsung oleh Direktur Direktorat Kesiapsiagaan Basarnas Agus Haryono, S.S, M.B.A. Kegiatan ini turut dipandu oleh tim dari Direktorat Kesiapsiagaan Kantor Basarnas Pusat.

Disampaikan Direktur Kesiapsiagaan Basarnas Agus Haryono, S.S, M.B.A, saat membuka Pembekalan dan Pra SAREX Malindo 2021, bahwa agar Pelatihan SAREX Malindo 2021 berjalan dengan baik, lancar dan profesional maka harus dipersiapkan perangkat dan perlengkapan termasuk personelnya.

“Kita laksanakan secara profesional apalagi ini latihan bersama Malaysia dan potensi SAR yang ada. Karena membangun sinergitas dengan potensi SAR itu sangat penting. Karena kalau kita tidak sinergi, kita tidak kenal dengan potensi kita, dan akan berat sekali dalam menjalankan operasi SAR. Maka dari itu kita dituntut bisa berkoordinasi dengan para potensi,” pesan Direktur Kesiapsiagaan Basarnas kepada semua personel Kantor SAR Tarakan.

“Patuhi semua aturan yang ditetapkan. Kita jaga Kansar Tarakan ini, tunjukkan ke masyarakat, Basarnas pantas menjadi garda terdepan dalam operasi SAR,” tegasnya.

Kepala Kantor SAR Tarakan Amiruddin A.S, S.Sos pun sebelumnya turut memberikan paparan singkat terkait Kantor SAR Tarakan baik wilayah kerja hingga sarana prasarana penunjang yang mendukung kinerja personel Kantor SAR Tarakan. “Selamat datang pak Direktur Kesiapsiagaan Basarnas beserta tim. Terima kasih berkenan memberikan arahan ataupun bimbingan kepada kami untuk kemajuan Kantor SAR Tarakan,” ungkap Kakansar Tarakan.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan dalam Pra SAREX Malindo 2021 ini antara lain paparan RGB latihan Basarnas-CAAM, manajemen informasi kecelakaan pesawat udara, Aeronautical Gliding Calculation, tes komunikasi (antara BCC, KKARCC, KKATCC, MATSC dan Kansar Tarakan) dan ditutup dengan briefing pelaku latihan. Setelahnya, Kakansar Tarakan mendampingi Direktur Kesiapsiagaan melakukan pengecekan kesiapan alut di Kantor SAR Tarakan dan di KN SAR Seta 252. (bba)



Kategori Berita Kansar , General Berita , Pelatihan .
Pengunggah : tarakan
7 December 17:35 WIB