KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN TARAKAN.PROFESIONAL ,SINERGI DAN MILITAN UNTUK INDONESIA MAJU.


Korban Ilyas Ditemukan Sejauh 9 NM dari LKP


 

TARAKAN – Ilyas, nelayan 42 tahun yang dilaporkan man over board (MOB) dari kapalnya saat mencari ikan di Pulau Mangu, muara sungai Bulungan, Kabupaten Bulungan Provinsi Kaltara berhasil ditemukan. Namun pria yang terdata sebagai warga Jembatan Bongkok RT 30, Kelurahan Karang Anyar Pantai, Kota Tarakan ini ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

Korban ditemukan oleh tim SAR gabungan di pencarian hari kedua pukul 15.00 Wita, Minggu (13/6) sejauh 9 nautical mile (NM) arah selatan tenggara dari jarak Last Know Positions (LKP) ditemukannya perahu korban. Diketahui, tim SAR Gabungan yang terdiri dari 6 rescuer Basarnas Tarakan, Polair Polda Kaltara, Lantamal  XIII Tarakan serta masyarakat/nelayan mulai melakukan pencarian hari kedua sejak pagi.

“Korban ditemukan 9 NM dari jarak LKP dalam keadaan meninggal dunia dan langsung dievakuasi ke keluarga korban di Tarakan. Diketahui semula, korban hendak mencari ikan dari Tarakan ke Pulau Mangu, Sabtu (12/6) pagi. Pada siang harinya kerabatnya mendapati korban tidak ada di dalam perahu. Saat mendapat laporan, tim SAR langsung melaksanakan pencarian,” jelas Kasubsie Ops Dede Hariana,S.E.

Selama pencarian, kondisi cuaca berawan dan arah angin barat laut-timor laut 2-15 knots, dengan tinggi gelombang 0,25 meter. Adapun kendala yang dihadapi tim SAR gabungan saat melakukan evakuasi korban yakni posisi ditemukan korban mendekati daratan dan terhalang banyaknya gusung dan bakau serta kondisi berlumpur sampai sepinggang orang dewasa.

“Pada pukul 15.30 Wita usai korban dievakuasi, operasi SAR dinyatakan selesai dan diusulkan untuk ditutup. Serta seluruh tim SAR gabungan dikembalikan ke satuan masing-masing dan melanjutkan kesiapsiagaan SAR,” tuntas Dede. (bba)



Kategori Berita Kansar , Kecelakaan kapal .
Pengunggah : tarakan
13 June 16:15 WIB