KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN TARAKAN.PROFESIONAL ,SINERGI DAN MILITAN UNTUK INDONESIA MAJU.


Pencarian 1 Korban Speedboat Terbalik Dibagi Menjadi 3 Tim


 

TARAKAN - Perkembangan operasi Pencarian dan Pertolongan (SAR) kecelakaan kapal 1 unit speedboat SB Ryan yang terbalik di Desa Pelaju perairan Sungai Sembakung, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kaltara, kembali dilakukan sejak pagi 06.30 Wita, Selasa (8/6). Kepala Kantor SAR Tarakan, Amiruddin A.S, S.Sos, mengatakan tim SAR gabungan melanjutkan operasi pencarian di sekitar Last Know Positions (LKP) sesuai dengan rencana operasi yang telah dibuat.

Dijelaskan Kakansar Tarakan, pola pencarian dibagi menjadi 3 tim dimana tim 1 terdiri dari tim rescue Basarnas Tarakan dan pihak kepolisian yang fokus melakukan pencarian di sekitar LKP. Kemudian, tim 2 terdiri dari unsur TNI yakni Koramil Sembakung bersama masyarkat menyisir aliran sungai sebelah kiri menuju muara kurang lebih 1 km.

“Tim ketiga, potensi yang lainnya, bagian tepi sebelah kanan menyisir sungai menuju muara dengan radius jarak 1 km,” ujar Amiruddin.

Dalam operasi SAR kali ini disebutkan unsur yang terlibat terdiri dari beberapa potensi baik dari tim rescue Basarnas Tarakan, Koramil Sembakung, Polsek Sembakung, Polair Polda Kaltara, BPBD Sembakung, pihak Kecamatan Sembakung, Tagana Sembakung, PMI Kota Tarakan, Bakamla, UPP Kelas III Bunyu, tim kesehatan dan Destana termasuk masyarakat.

Mantan Kansar Pekanbaru ini pun menyebutkan cuaca dan kondisi di lapangan cukup cerah berawan dan gelombang tidak terlalu signifikan lantaran LKP berada di aliran sungai. Sementara terkait kendala-kendala yang dihadapi tim SAR Gabungan, menurutnya, hanya arus yang agak keras dan banyak potongan kayu atau pohon yang terbawa arus.

“Arus yang agak deras dan banyak potongan kayu atau pohon yang terbawa arus, membuat seluruh tim SAR gabungan yang melakukan pencarian itu sering menghindari kayu atau pohon yang bertebaran di bantaran sungai,” ungkapnya. (bba)



Kategori Berita Kansar , Kecelakaan kapal .
Pengunggah : tarakan
8 June 8:25 WIB