KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN TARAKAN.PROFESIONAL ,SINERGI DAN MILITAN UNTUK INDONESIA MAJU.


Perkuat Alut SAR, Basarnas Tarakan Terima 1 Unit RIB


TARAKAN – Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Tarakan, menerima bantuan 1 unit Rigit Inflatable Boat (RIB) dari Basarnas Pusat untuk mendukung operasi SAR di wilayah kerja Kantor Basarnas Tarakan, Minggu (25/04/2020). Alat utama (Alut) SAR ini merupakan perahu berbahan dasar karet dengan lunas aluminium alloy yang dilengkapi kemudi.

Satu unit RIB bernomor 03 tersebut kini sandar di Pelabuhan Malundung Tarakan setelah menempuh perjalanan pengiriman dari Jakarta ke ujung utara Nusantara. Jika tak ada aral, direncanakan akan dilakukan sea trail pada Selasa (27/04/2021) oleh personel Basarnas Tarakan didampingi pihak penyedia. Keberadaan pihak penyedia ini sekaligus melatih personel Basarnas Tarakan dalam penguasaan RIB dari segi operasional maupun perawatannya.

Luasnya kondisi perairan Provinsi Kalimantan Utara khususnya Kota Tarakan sangat cocok menggunakan RIB saat petugas Search and Rescue melakukan aksi pencarian, pertolongan dan evakuasi korban. Untuk diketahui, salah satu keunggulan RIB ini yaitu bisa bertahan dari terjangan ombak setinggi tiga meter. Sehingga diharapkan adanya penambahan alut SAR ini semakin mengoptimalkan sarana pencarian dan pertolongan di area perairan/laut sesuai wilayah kerja Basarnas Tarakan. (bba)



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : tarakan
26 April 20:40 WIB