KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN TARAKAN.PROFESIONAL ,SINERGI DAN MILITAN UNTUK INDONESIA MAJU.


Terombang-Ambing di Perairan Pancang Putih, 5 POB KM Subur Indah Selamat


TARAKAN - Pencarian hari ketiga pasca hilang kontak, KM Subur Indah berhasil ditemukan oleh tim SAR gabungan, Rabu (1/12) sekitar pukul 09.10 Wita. Bersama 5 person on board (POB) dalam kondisi sehat dan selamat di perairan Pancang Putih dekat Ambalat. Tepatnya sekitar 25,98 NM heading 113,90° dari Pelabuhan Tunon Taka Nunukan dengan koordinat 3°58'7.98"N118° 3'55.62"E.

Dikatakan Kepala Kantor SAR Tarakan Amiruddin A.S, S.Sos, KM Subur Indah Kapal tersebut mengalami kerusakan mesin pada bagian hast propeller sehingga kapal mati mesin dan terombang-ambing.

“Kami menerima informasi dari OSC bahwa pukul 09.10 Wita KM Subur Indah yang dinyatakan lost contact 3 hari yang lalu ditemukan dalam kondisi selamat dan seluruh krunya sehat. Selanjutnya dilakukan penarikan kapal oleh owner-nya menuju ke Pelabuhan Sei Nyamuk, Pulau Sebatik. Dimana saat penarikan kapal, KN SAR Seta 252 turut mendampingi untuk memastikan kapal tersebut selamat sampai tujuan,” jelas Kakansar.

Setelah tiba pukul 11.15 Wita, KM Subur Indah berhasil sandar di di Pelabuhan Sei Nyamuk. “Setelah memastikan aman, KN SAR Seta kembali ke pangkalan yang berada di Pelabuhan Malundung, Kota Tarakan dengan perkiraan tiba pukul 16.00 Wita. Dengan berhasilnya ditemukan kapal tersebut, operasi SAR dinyatakan selesai dan ditutup. Seluruh unsur yang terlibat dalam operasi SAR kembali ke satuan masing-masing,” ungkapnya.

Diketahui dalam pencarian KM Subur Indah bersama 5 POB diantaranya Tahir (30) selaku nakhoda kapal, kemudian 4 ABK yakni Erwin (35), Putra (25), Iksan (25) dan Sudi (40), tim SAR gabungan yang terlibat yakni tim rescue Kantor SAR Tarakan, Satrol Lantamal XIII Tarakan, Ditpolair Polda Kaltara, Polairud Polres Tarakan, Pos AL Pulau Bunyu. Selain itu turut dikerahkan alut SAR mulai dari KN SAR Seta 252 milik Basarnas, hingga helikopter milik Lantamal XIII.

“Saya mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada potensi yang sudah terlibat khusus Lantamal XIII yang proaktif membantu melakukan pencarian baik dengan menggunakan alut yang dimiliki dan dengan pesawat udara. Termasuk juga Polair yang turut membantu sehingga KM Subur Indah berhasil ditemukan dalam kondisi selamat,” tuntas Amiruddin. (bba)



Kategori Berita Kansar , Kecelakaan kapal .
Pengunggah : tarakan
1 December 12:15 WIB