KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN TARAKAN.PROFESIONAL ,SINERGI DAN MILITAN UNTUK INDONESIA MAJU.


Uji Lakops Digelar Di Kansar Tarakan


TARAKAN - Menguji ketaatan pelaksanaan operasi SAR, Direktorat Operasi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) menyelenggarakan Uji Pelaksanaan Operasi Pencarian dan Pertolongan (SAR) di Kantor SAR Tarakan. Kegiatan tersebut diselenggarakan selama lima hari, dimulai dari hari Senin (28/3) hingga Jumat (1/4) mendatang.

Kegiatan uji pelaksanaan operasi SAR yang dihadiri dan dibuka langsung oleh Direktur Operasi Basarnas Brigjen TNI (Mar) Wurjanto,M.Han ini bertujuan untuk mengetahui seberapa cepat respons tanggap, kendala dan hambatan dari unit kerja di daerah dalam menangani sebuah informasi kecelakaan atau musibah.

“Setiap tahun kami menguji beberapa kantor SAR, mengecek kesiapsiagaan setiap saat apabila diperlukan untuk operasi SAR. Dimana ada kedaruratan, apakah kecelakaan kapal, pesawat kemudian bencana alam, kondisi membahayakan manusia, sehingga kemampuan dan kecepatan terjaga,” jelas Brigjen TNI (Mar) Wurjanto, M.Han.

Dalam pelaksanaannya, ada beberapa tahapan mulai perencanaan hingga pelaksanaan operasi SAR di lapangan. Pesertanya merupakan gabungan dari internal Kantor SAR Tarakan dengan unsur SAR gabungan lainnya yang datang dari berbagai pihak.

“Untuk uji SAR akan diberikan skenario kecelakaan, kita akan ukur respons dari Kantor SAR untuk melaksanakan operasi SAR. Karena memang tuntutan kita adalah segera mungkin sampai di tempat kejadian dimana ada yang memerlukan bantuan untuk diselamatkan,” jelas Direktur Operasi Basarnas.



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : tarakan
29 March 8:05 WIB